Menu Tutup

10 Tujuan Tempat Kuliner Kota Medan Paling Hits

Liburan Anda tak akan lengkap tanpa meluangkan waktu untuk wisata kuliner, apalagi kalau destinasi liburan yang Anda pilih adalah kota Medan, Sumatera Utara. Di kota terbesar ketiga di tanah air ini selain pemandangan alamnya yang sangat cantik kuliner khas tradisionalnya pun luar biasa lezat. Jadi lupakan diet Anda sejenak dan nikmatilah kuliner Medan sepuas-puasnya karena mungkin akan sulit untuk menemukannya di kota tempat tinggal Anda.

Tujuan kuliner kota Medan paling populer
Inilah referensi kuliner sekaligus lokasi untuk mendapatkannya di kota Medan khusus untuk Anda para traveler.

1. Kedai Ucok Durian

Pecinta durian wajib banget menyambangi kedai Ucok milik Bapak Zainal Abidin di Jalan KH Wahid Hasyim nomor 30-32. Tak hanya menyediakan buah durian yang sudah dikupas, di sini pengunjung juga bisa menyantap es krim durian, durian beku, hingga pancake durian. Kedai Ucok tak hanya populer di kalangan para travelers tapi juga para pejabat dan artis Jakarta. Saking terkenalnya Presiden Jokowi juga pernah singgah di kedai ini. Tagline kedai kuliner serba durian ini adalah ‘Belum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian.’

Kedai Ucok Durian, Foto : paradigma asia

2. Mie Sop Methodist

Sebutan untuk kuliner yang unik ini diambil dari nama Universitas Methodist Indonesia yang berada di samping kedai. Seporsi Mie Sop Methodist atau Bakso Methodist terdiri dari pentol bakso, jeroan, suiran daging sapi, kecambah, kwetiau, bihun, dan mie kuning dengan tambahan kuah bakso yang kental dan sedap. Para jago makan bisa singgah ke kedai yang berada di Jalan T. Cik Ditiro ini karena porsinya lumayan besar. Kalau khawatir tidak habis Anda juga boleh memesan setengah porsi saja.

Mie Sop Methodist, Foto : Foursquare

3. Martabak Piring Murni

Martabak piring jelas berbeda dengan martabak yang biasa Anda santap. Berada di Jalan Surabaya nomor 39, kedai ini sangat legendaries di Medan sehingga pelanggannya selalu berjubel setiap hari. Jajanan ini dicetak dengan piring kaleng lalu dipanggang di atas tungku arang dan ditaburi aneka toping sebelum disajikan. Pengunjung bisa memesan martabak tebal atau tipis dan memilih toping yang diinginkan, seperti coklat tabur, keju, atau coklat cair. Satu lagi yang unik dari martabak ini adalam pengemasannya yang menggunakan daun pisang.

Martabak Piring Murni

4. Soto Kesawan

Warung Soto Kesawan terletak tidak jauh dari destinasi wisata bersejarah Tjong A Fie Mansion. Soto yang disajikan di kedai ini mempunyai kuah gurih yang menggugah selera dengan campuran bumbu rempah tradisional. Soto ini terdiri dari daging sapi dan ayam kampung, paru kering, dan udang yang semuanya sudah direbus hingga empuk sehingga makin nikmat saat disantap.

Soto Kesawan

5. Lontong Kak Lin

Satu lagi kuliner di Jalan T. Cik Ditiro yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi adalah Lontong Kak Lin yang biasanya disantap untuk sarapan. Kedai milik Nuzlina ini mulai berdiri sejak tahun 1994 dan menyediakan berbagai jenis lontong, mulai dari lontong mie, lontong pecel, lontong sayur, serta lontong tahu goreng. Setiap hari ratusan penggemarnya rela antri untuk mencicipi Lonton Kak Lin sesuai selera masing-masing.

Lontong Kak lin, Foto : google maps

6. Mie Aceh Titi Bobrok

Walaupun bernama Mie Aceh tapi kuliner yang satu ini juga sangat terkenal di kota Medan dan bisa Anda sambangi di jalan Setia Budi nomor 17 D. Mie Aceh adalah kuliner yang terdiri dari olahan mie dengan bumbu khas yang lezat kemudian diberi toping kepiting. Makan di kedai ini Anda dijamin akan kenyang karena porsinya yang jumbo.

Mie Aceh Titi Bobrok

7. Mie Sop Multatuli D 30

Kedai mie ini terletak di Kompleks Multatuli Blok D nomor 30 sesuai dengan namanya di atas. Mie sop bisa dinikmati sebagai makan siang atau sore karena rasanya yang segar dan gurih. Semangkung mie sop terdiri dari bihun, tahu, irisan daging ayam, bola daging sapi, serta siraman kuah gurih yang segar. Bila suka Anda juga boleh menambahkan kwetiau serta kerupuk.

Mie Sop Multatuli

8. Bihun Bebek Asie

Pernahkan mendengar kuliner Bihun Bebek Kumango di kota Medan? Bila belum sekarang adalah kesempatan Anda untuk mencicipinya. Kuliner ini merupakan olahan mie bihun ditambah campuran daging bebek. Yang istimewa dari kedai ini adalah tekstur daging bebeknya yang empuk dan ukurannya yang besar. Agar lebih segar jangan lupa tambahkan sayuran dan sambal. Lokasi kedai ini adalah di Jalan Kumango, Kesawan.

Bihun Bebek asie

9. Sate Memeng

Sate di Jalan Irian Barat nomor 2 Gang Buntu ini bahkan sudah mulai melayani pembeli sejak tahun 1945. Yang khas dari sate legendaries ini adalah ukuran daging satenya yang besar serta dipanggang dengan sempurna sehingga kematangannya bisa merata hingga bagian daging paling dalam. Sebelum tiba di meja Anda, Sate Memeng akan disiram dengan saus kuah sate Padang dan bumbu kacang yang lezat gurih.

Sate memeng

10. TST Pak Haji

Selain makanan, minuman Teh Susu Telur yang berada di Jalan Puri benar-benar harus dicoba karena keunikannya. Kedai yang sudah dibuka sejak tahun 60-an ini setiap hari selalu ramai oleh pembeli karena citarasa TST-nya yang sedap. Selain itu minuman yang terdiri dari campuran teh kental, susu, dan telur bebek atau ayam kampung ini dipercaya juga menambah stamina dan menjaga kesehatan.

TST Pak Haji

Selain referensi di atas, tujuan kuliner yang juga dapat Anda jelajahi adalah Mie Balap Mail, Mie Pecal Pak Yunus, Es Pokat Kocok, Soto Sinar Pagi, dan Ci Cong Fan. Nah, selamat wisata kuliner di kota Medan.

Bacaan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *