Menu Tutup

12 Daftar Makanan Khas Medan Paling Lezat

Selain Jakarta dan Surabaya, kota Medan termasuk salah satu kota besar dan maju di tanah air. Medan juga dianugerahi pesona alam yang luar biasa sehingga sangat layak menjadi daftar tujuan wisata Anda di tahun ini. Tak hanya itu kuliner khas Medan juga sangat lezat dengan bumbu-bumbu rahasianya yang merupakan warisan kekayaan budaya leluhur. Setiap daerah di Medan mempunyai kuliner khasnya masing-masing. Bila berkesempatan berkunjung ke kota yang cantik ini jangan sampai melewatkan acara wisata kuliner, karena jenis-jenis hidangan khas tersebut mungkin tidak akan Anda temukan di daerah lain.

Inilah daftar hidangan khas dari Medan yang tak boleh terlewatkan saat Anda tengah berlibur ke kota ini.

1. Bika Ambon

Bika ambon
Bika ambon

Semua orang pasti akan langsung teringat pada kue ini saat membicarakan hidangan khas dari Medan. Bika Ambon adalah kue manis berbentuk persegi panjang atau kotak, berwarna kuning cerah, dan berserat sehingga Anda bisa melihat kue tersebut seperti berlubang-lubang. Tekstur Bika Ambon sangat lembut dan rasanya juga lezat sehingga pengunjung sering membawa pulang kue khas yang satu ini sebagai buah tangan. Bila dahulu hanya ada satu rasa Bika Ambon sekarang varian rasa kue tradisional ini semakin beragam, mulai dari keju, pandan, moka, dan durian. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu sekitar 30 ribu hingga 50 ribu saja.

2. Kue lupis Medan

Kue lupis medan
Kue lupis medan

Kue lupis sesungguhnya juga ada di Jawa, namun Kue Lupis Medan mempunyai kekhasan tersendiri karena dibuat dari beras ketan lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk seperti kerucut atau segitiga. Cara mengolah kue tradisional ini adalah dengan mengukusnya.

3. Kue ombus ombus

Kue ombus ombus
Kue ombus ombus

Kue tradisional ini sebenarnya berasal dari Siborong-Siborong Tapanuli Utara, dan merupakan sejenis kue manis yang dibuat dari tepung beras lalu bagian tengahnya diisi gumpalan gula. Sebelum dikukus hingga matang, adonan dibungkus dengan daun pisang yang sudah tua. Tak hanya citarasanya yang lezat, ombusombus mempunyai nilai filosofi tinggi sehingga selalu hadir pada ritual besar kebudayaan Batak.

4. Kue putu bambu

kue putu bambu khas medan
kue putu bambu khas medan

Memang kue putu yang satu ini tampak tidak terlalu berbeda dengan kue putu di Pulau Jawa, tapi putu bambu dari Medan berukuran lebih besar sehingga menyantap beberapa saja sudah bisa membuat perut Anda kenyang.

5. Kolak durian

Kolak durian
Kolak durian

Berbeda dengan kolak yang sering kita santap setiap hari, kolak durian Ambon berisi ketan kukus, pisang kapok, jagung manis rebus, dan tentu saja durian berukuran besar. Kuah kolak dibuat dari campuran gula merah dan santan kelapa yang direbus hingga mendidih. Anda bisa menikmati sajian ini dalam keadaan hangat atau dingin.

6. Rujak kolam

Rujak Kolam
Rujak Kolam

Rujak kolam cukup mudah ditemui di warung-warung kaki lima pinggir jalan karena menu ini merupakan street food yang sangat populer. Citarasa dominan kuliner ini adalah pedas segar yang cocok dinikmati saat cuaca tengah terik.

7. Soto udang

Soto Udang Medan
Soto Udang Medan

Orang Indonesia memang sudah sangat akrab dengan kuliner yang disebut soto, tapi pernahkan Anda mencicipi soto udang? Jadi alih-alih mengolah daging ayam menjadi soto, orang Medan justru menggunakan udang yang dipanggang dahulu sebelum dicampurkan ke dalam kuah soto. Konon asal mula kuliner ini adalah kreativitas seorang pedagang soto yang ingin menyediakan menu tersebut untuk masyarakat pemeluk Hindu dan Budha. Seperti yang kita ketahui kepercayaan Hindu dan Budha melarang pemeluknya untuk mengonsumsi daging sapi.

8. Bihun bebek

Bihun bebek
Bihun bebek

Bihun di Medan dibuat dari campuran tepung kanji dan tepung beras sehingga teksturnya akan terasa seperti mie tanghun. Dengan tambahan suiran daging bebek dan siraman kaldu dagingnya yang tidak terlalu berlemak dan berminyak Anda dijamin tidak akan puas hanya dengan satu porsi bihun. Apalagi rasanya yang ringan dengan tambahan taburan daun kucai semakin memperkuat citarasa kuliner unik yang satu ini. Daun kucai memang paling baik untuk mengurangi aroma amis sehingga acara santap bihun bebek ini semakin nikmat.

9. Lemang

Lemang
Lemang

Lemang adalah hidangan tradisional yang banyak ditemukan di Tebing Tinggi dan di kota Medan. Proses pembuatan kuliner ini sangat unik, yaitu bahan utama beras ketan dicampur dengan santan dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam buluh bambu. Berikutnya batang bambu tersebut dipanggang hingga lemang matang. Anda bisa menyantap lemang secara langsung atau menambahkan tape ketan dan durian.

10. Sayur gurih taucho

Sayur gurih Taucho
Sayur gurih Taucho

Sayur gurih ini kerap disantap dengan ketupat saat lebaran. Sayur gurih adalah sayur dengan kuah santan yang berisi daging sapi dan udang kemudian diberi bumbu-bumbu khas bawang merah, putih, cabai rawit giling, jahe, lengkuas, serai, dan cabai hijau.

11. Manisan jambu

Manisan Jambu Biji
Manisan Jambu Biji

Jambu yang diolah untuk manisan di medan ini adalah jambu Bangkok yang sudah dihilangkan biji-bijinya. Berikutnya jambu dipotong empat dan diolah menjadi manisan yang segar. Rasanya yang renyah bisa menggantikan snack olahan tidak sehat yang kerap Anda konsumsi sambil menonton televisi.

12. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang

Setelah mengonsumsi berbagai hidangan lezat khas Medan tersebut tutup acara wisata kuliner Anda dengan secangkir kopi Sidikalang, yaitu kopi dari kawasan Sidikalang yang beraroma luar biasa nikmat. Pecinta kopi wajib banget mencoba kopi yang dibudidayakan di perkebunan dengan ketinggian 1427 mdpl ini.

Nah, selamat mencoba berbagai hidangan khas Medan yang menggoyang lidah ini.

Bacaan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *