Menu Tutup

6 Makanan Khas Yogyakarta yang Enak dan Menggugah Selera

Jogja selalu mampu memikat hati siapa saja yang berkunjung dan menghabiskan waktu. Salah satu daerah istimewa yang ada di Indonesia ini selalu berhasil membuat wisatawan ingin kembali lagi dan lagi. Tidak pernah membosankan, karena Jogja begitu kaya akan destinasi wisatanya yang berbalut keramahan masyarakatnya, membuat wisatawan selalu betah dan nyaman untuk tinggal berlama-lama.

Belum lagi dengan keanekaragaman kulinernya. Cita rasa manis yang berpadu dengan rasa gurih membuat masakan Yogyakarta terbilang unik di lidah. Berikut ini adalah lima makanan khas Jogja yang bisa Anda cicipi ketika sedang menjelajah eksotisme Kota Keraton ini:

1. Gudeg

Nasi Gudeg Yogyakarta

Makanan satu ini memang menjadi ikon Kota Jogja. Berbahan dasar nangka muda, gudeg memiliki rasa manis dan gurih yang begitu sempurna, meski kuliner ini tak selalu cocok di lidah orang yang menyukai sajian pedas. Kuliner khas Yogyakarta ini memiliki dua jenis, yaitu basah dan kering. Ditambah dengan kuah krecek dan sambal goreng serta telur dan suwiran ayam membuat sajian ini sangat nikmat. Bahkan, gudeg kini juga bisa dinikmati kapan saja dengan adanya gudeg kaleng.

2. Sate Klathak

Sate Klathak

Selanjutnya ada sate klathak, satai dengan bahan dasar berupa daging kambing. Keunikan satai ini dibandingkan dengan satai lainnya yaitu pada tusuknya. Jika satai kebanyakan ditusuk dengan lidi atau kayu, sate klathak menggunakan jeruji roda sebagai tusuknya. Kuliner ini biasa disajikan bersama kuah gulai untuk menambah cita rasanya. Nama klatak dari sajian ini berasal dari bunyi yang dihasilkan ketika satai dibakar di atas bara api. Unik, ya!

3. Rujak Es Krim

Rujak Es Krim

Bertualang di Yogyakarta ketika cuaca sedang panas terik bukan menjadi pantangan, karena Anda bisa melepas dahaga dengan menikmati sepiring rujak es krim. Kudapan ini berupa rujak serut dengan rasa pedas yang diberi es krim di atasnya, menghasilkan rasa dingin, manis, dan segar. Kenikmatan kuliner ini membuat Anda ketagihan, terlebih dengan harganya yang terbilang murah.

4. Mangut Lele

Mangut Lele

Mangut menjadi kuliner enak yang digemari oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Mangut dengan ikan lele adalah salah satunya. Proses pengolahannya yang masih terbilang tradisional, yaitu dengan menggunakan bara arang inilah yang membuat mangut lele memiliki rasa yang terbilang unik. Paduan santan dan cabai menghasilkan rasa pedas dan lezat yang tak tergantikan. Beberapa rumah makan di Jogja biasanya menawarkan menu mangut lele prasmanan atau mengambil sendiri sesuai keinginan.

5. Enthok Slenget

Enthok Slenget

Pernah menjajal bagaimana lezatnya daging enthok? Enthok adalah hewan yang berbentuk menyerupai itik dengan paruh yang mirip dengan paruh bebek. Nama slenget didapat dari sensasi yang seperti menyengat ketika hidangan ini menyentuh lidah. Enthok slenget memiliki kuah kecokelatan seperti semur dengan tambahan cabai untuk menambah cita rasa pedas dan segar.

6. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja

Makanan khas Yogyakarta terakhir yang wajib Anda coba adalah bakmi Jogja. Sebenarnya, kuliner enak ini mirip seperti bakmi jawa pada umumnya. Namun, rasa gurih yang berpadu dengan manis dan pedas membuat kuliner ini terasa lebih nikmat, terlebih jika disantap pada malam hari atau ketika musim hujan tiba. Kuliner berbahan dasar mi telur ini dicampur dengan irisan kol, telur, dan suwiran ayam serta taburan daun bawang dan bawang goreng.

Demikian tadi enam kuliner enak khas Yogyakarta yang cocok untuk menemani waktu bersantap Anda di Kota Keraton ini. Jangan sampai liburan Anda ke Jogja menjadi kurang sempurna karena lupa mencicipi enaknya makanan khas yang dimilikinya. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata kuliner!

Bacaan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *