Menu Tutup

7 Tempat Berwisata Kuliner Kota Bandung Paling Populer

Hingga saat ini Kota Bandung masih menjadi tempat tujuan wisata di akhir pekan yang paling diminati bagi masyarakat ibukota dan sekitarnya. Tak hanya menyuguhkan berbagai obyek pariwisata, kuliner di Kota Bandung juga terkenal akan kelezatan dan keunikannya. Di Paris Van Java ini selain berbelanja berbagai fashion item Anda juga tidak boleh melewatkan serunya wisata kuliner dengan mencoba berbagai hidangan tradisional dan modern yang pastinya menggugah selera.

Tujuan kuliner kota Bandung paling hits dan kekinian
Masyarakat Bandung memang dikenal sangat kreatif dalam memodifikasi berbagai kuliner tradisional, termasuk jajanan tempo sehingga tampil dengan lebih modern. Inilah referensi kuliner khas Bandung yang harus dicicipi serta lokasinya.

1. Bakso Tahu Tulen

Bakso tahu adalah kuliner yang terdiri dari tahu isi daging dan siomay yang dipotong-potong kemudian disiram bumbu kacang. Bila suka Anda juga bisa menambahkan pare, kol, kentang rebus, dan telur rebus. Walaupun mirip siomay tapi bumbu kacang pada bakso tahu lebih pedas bila dibandingkan bumbu siomay.

Yang khas dari Bakso Tahu Tulen adalah rasa dagingnya yang sangat kuat karena menggunakan lebih banyak daging ikan dibandingkan tepung. Bumbu kacangnya pun tidak digiling terlalu halus sehingga Anda masih bisa merasakan renyahnya rasa kacang di dalam mulut. Kedai Bakso tahu ini berada di Jalan Situ Indah nomor 4 Pagarsih Barat.

Baso Tahu Tulen di Situ Indah

2. Surabi EnHaii

Kue Surabi yang paling lezat di Kota Bandung konon ada di kedai EnHaii yang terletak di Jalan Setia Budi nomor 137, di depan National Hotel Institut (NHI) yang sekarang sudah berganti menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Surabi adalah penganan yang dibuat dari tepung beras dan dipanggang di atas tungku. Setelah matang surabi lalu disiram dengan kuah gula merah.

Selain surabi tradisional, kedai surabi NHI ini juga menyediakan toping oreo, strawberry, jagung, durian, pisang, keju, es krim, coklat, susu, pisang, dan nangka. Kalau ingin surabi Anda bercitarasa lebih asin atau gurih Anda bisa meminta toping telur, kornet, sosis, serta suiran daging ayam.

Surabi Kedai Enhaii, Foto : foursquare

3. Nasi kalong

Bila ingin menyantap hidangan yang tak hanya lezat tapi juga sehat berarti Anda harus berkunjung ke kedai nasi kalong di Jalan RE. Martadinata nomor 102. Alih-alih menggunakan nasi putih, nasi kalong adalah nasi merah yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti kluwek, daun salam, kelapa parut, cabai, dan bawang merah. Disebut nasi kalong karena kedai ini mulai buka dari pukul 19.00 hingga pukul 2 pagi.

Selain nasi hitam ada pula 30 jenis lauk yang bisa Anda pilih sesuai selera, seperti rending, abon, telur, dendeng, dan jangan lupa sambalnya. Sebagai rekomendasi Anda, lauk yang favorit di kedai ini adalah ayam goreng madu dan buncis bakar.

Nasi Kalong

4. Perkedel Bondon

Kedai perkedel ini adalah di Jalan Babakan Stasiun Hall nomor 43 yang cocok bagi Anda yang berburu kuliner lezat namun murah meriah. Per biji perkedel Bondon ini hanya dihargai 2000 rupiah saja. Kekhasan perkedel ini adalah bumbunya yang sedap serta rasanya yang renyah di luar dan lembut pada bagian dalamnya. Perkedel Bondon bisa disantap sebagai snack atau teman makan nasi.

Perkedel Bondon, Foto : instagram @bubueataway

5. Bageur

Bageur mungkin terinspirasi dari makanan mancanegara burger walaupun citarasanya sama sekali berbeda. Ini karena bageur tidak menggunakan roti bun seperti burger melainkan bakpao. Selanjutnya diberi isian daging panggang, keju, sayuran seperti selada, tomat, dan bawang bombay. Ada pula mayonnaise untuk membuat citarasa bageur semakin nikmat.

Jajanan unik ini dapat Anda cicipi di Jalan Malangboy Raya nomor 12 Antapati atau Jalan Lombok nomor 47. Tak hanya lezat disantap, kedai bageur di tempat ini menyediakan bakpao berwarna-warni yang instagenic. Selain itu bakpao bageur juga terdiri dari beberapa varian rasa seperti smoked beef, cheese, dan salted egg.

Bageur, Foto : Foursquare

6. Lotek

Lotek adalah hidangan khas masyarakat Pasundan yang terdiri dari berbagai jenis sayuran lalu dicampur dengan bumbu kacang. Sekilas lotek mungkin mirip karedok, ketoprak, atau pecel, walaupun rasa bumbu masing-masing kuliner tersebut berbeda-beda. Bumbu lotek menggunakan kencur yang banyak sehingga aroma bumbunya terasa lebih kuat dan satu keunikan lagi adalah adanya campuran kentang rebus yang dilumat sampai halus.

Lotek juga kerap disantap dengan lontong, ketupat, atau nasi putih dan taburan kerupuk yang banyak serta bawang goreng renyah. Tak sulit untuk menemukan kuliner ini di Bandung, terutama di warung-warung kaki lima sepanjang jalan di kota Bandung.

Lotek

7. Cuankie

Anda keliru bila menyangka kuliner Cuankie adalah salah satu makanan Cina, karena cuankie atau singkatan dari cari uang jalan kaki. Alasannya karena para penjual kuliner ini dahulu menjajakan cuankie dengan gerobak dorong. Kuliner ini sebenarnya adalah hidangan berkuah bening segar yang berisi siomay, tahu, dan bola daging.

Cuankie paling lezat di Bandung bisa Anda dapatkan di kedai Jalan Serayu nomor 2 Bandung. Yang unik dari penyajian Cuankie di kedai ini adalah menggunakan piring hot plate dari tanah liat. Agar semakin nikmat Anda juga bisa meminta tambahan keringan seperti reuwazz dan pangsit.

Cuankie di Jalan Serayu

Setelah puas makan-makan, jangan lupa untuk membeli buah tangan khas Bandung seperti peuyeum, cireng, dan snack-snack kekinian hasil kreativitas para pengusaha kuliner muda Bandung. Selamat liburan ke kota Bandung.

Bacaan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *