Menu Tutup

8 Makanan Khas asli daerah kota Malang

Kota dan Kabupaten Malang memilik ciri khas makanan daerah yang menarik untuk anda coba. Jika anda berkunjung ke Malang tidak ada salahnya mencoba kuliner khas kota ini. cocok untuk dinikmati langsung atau dibawa sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

1.Orem-orem


Orem-orem merupakan kuliner khas dari Kota Malang. Makanan ini dibuat dari irisan tempe goreng , ayam lalu dimasak dengan santan kelapa kental. Disajikan dengan irisan ketupat yang diberi tauge, tempe dengan siraman kuah yang gurih. Rasa kuahnya mirip seperti opor ayam. Selain tempe goreng, orem-orem biasanya juga ditambahkan dengan mendol, gorengan yang terbuat dari tempe yang sudah dihaluskan dan dicampur bumbu-bumbu lalu digoreng.

2.Bakpao Telo ungu


Bakpao telo yang ada di Malang ini sedikit berbeda dengan biasanya, bakpao ini tidak menggunakan tepung terigu melainkan telo atau ubi jalar. Rasanya mani dan legit sehingga menjadi buruan banyak wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Anda bisa membeli bakpao telo ini di Repoeblik Telo yang berlokasi di jalan Raya Lawang, Malang.

3.Pia mangkok


Baru tahu kalau ada Bakpia khas malang? Memang biasanya makanan khas pia identik dengan kota Jogjakarta tapi sekarang di Malang juga ada pia dengan nama Pia Mangkok. Namanya sama-sama pia tapi ada yang berbeda yaitu bentuknya agak lebih besar dari pia pathok biasanya, kalau rasanya sama-sama enak. Pia mangkok malang memiliki kulit lebih garing tetapi waktu dikunyah akan terasa lembut dan enak di mulut. Diolah dengan resep buatan rumahan tanpa memakai bahan pengawet. Jangan lupa membawa oleh-oleh ini untuk keluarga dan rekan.

4.Bakso Bakar


Kota Malang sangat lekat dengan bakso, Terutama bakso bakar. Hawa udara yang dingin dan sejuk di Kota Malang sangat cocok dinikmati sambil makan bakso bakar yang lezat ini. Sajian menu Makanan khas Malang yang satu ini sebenarnya merupakan jenis kuliner yang masih tergolong baru. Makanan khas Malang ini pertama kali diperkenalkan oleh Warung Bakso Bakar Pak Man yang berlokasi di Jln. Diponegoro Malang. Bakso bakar dibuat dari daging sapi yang digiling lalu direbus dan sebelum dibakar, terlebih dahulu baksonya dilumuri dengan saos, kecap, dan bumbu yang khusus.

5.Cwie Mie


Cwie Mie juga termasuk dalam daftar nama Makanan khas Malang yang digemari. Sebenernya cwie mie itu tidak jauh beda dengan pangsit mie ayam pada umumnya, bedanya cwie mie ini menggunakan taburan ayam yang dicincang halus dan menyerupai abon, bukan potongan daging ayam. Dan untuk sayurannya menggunakan selada, bukan sawi. Serta memakai acar dan cabe sebagai pelengkapnya. Banyak penjual cwie mie di Malang. Ukuran mie yang digunakan lebih kecil dan biasanya dihidangkan dengan tahu isi, somay, dan bakso.

6.Sate kelinci


Mungkin anda sudah bosan dengan sate ayam atau kambing. Di Malang, Sate kelinci bisa dikatakan sebagai salah satu kuliner yang populer di kalangan wisatawan ketika berkunjung ke Malang, khususnya ke Kota Batu. Sate ini menggunakan bumbu kacang seperti biasa dan cocok disantap dengan nasi hangat atau lontong.

7.Soto Lombok


Soto lombok yang khas dari kota malang ini berbeda dari soto-soto lainnya. Dalam satu porsi soto lombok biasanya terdiri dari beragam isian seperti kentang, daging ayam, tauge, telur rebus, dan irisan kol. Rasanya khas dengan kuah yang kental dan kaya dengan bumbu yang membuatnya menjadi primadona di kalangan pencinta soto. Diatas soto biasanya ditaburi dengan koyah dan kerupuk untuk lebih menambah cita rasa gurih dan kriuk.

8.Tempe Mendol


Mendol adalah salah satu varian tempe yang populer di Malang. Tempe mendol merupakan jenis makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar tempe, kemudian diolah dengan berbagai macam bumbu tradisional sehingga makanan ini memiliki rasa yang gurih. Selain bisa jadi lauk, tempe mendol bisa juga jadi cemilan . Satu hal yang perlu diketahui, tempe mendol ini dibuat dari tempe yang warnanya sudah kehitaman. Walaupun begitu rasanya tetap nikmat dan Gurih.

Bacaan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *