Menu Tutup

8 Tujuan Wisata di Lombok untuk Penikmat Keindahan Alam

Terkenal sebagai alternatif yang lebih sepi dari Bali, Lombok menawarkan banyak tujuan wisata yang menonjolkan keindahan alam. Beberapa di antaranya cukup terkenal, sementara yang lainnya masih cenderung sepi. Mulai dari pantai hingga bukit, delapan destinasi ini menawarkan keindahan alam yang cocok untuk menyegarkan pikiran.

1. Gili Nanggu

Gili Nanggu

Jika Gili Trawangan masih terlalu ramai untuk Anda, pergilah ke Gili Nanggu. Pulau kecil yang masuk ke wilayah Sekotong di Lombok Barat ini menawarkan suasana lebih “eksklusif” karena jumlah penginapannya tidak sebanyak Gili Trawangan. Pantai dan pemandangan bawah airnya cocok untuk snorkeling. Bagian timur pulau ini merupakan titik snorkeling populer karena adanya formasi terumbu karang serta koloni ikan badai.

Snorkeling ramai2

Gili Nanggu juga merupakan titik awal untuk mengelilingi pulau-pulau yang lebih kecil di dekatnya, seperti Gili Kedis, Gili Sudak, dan Gili Layar. Gili Layar terkenal sebagai habitat koral biru yang langka, sedangkan Gili Sudak memiliki warung sederhana yang menawarkan sensasi makan siang di pulau kecil.

Pantai Gili Nanggu

2. Hutan Lindung Sesaot

Berlokasi di Desa Sesaot, Lombok Barat, Hutan Lindung Sesaot menawarkan suasana sejuk serta mata air dan sungai yang berasal dari Gunung Rinjani. Hutan ini menjadi lokasi berbagai mata air, air terjun, sungai, serta area berkemah. Titik yang direkomendasikan antara lain Air Terjun Timponan dan Pakuan yang asri. Area turis di sekitar Sesaot memiliki beberapa fasilitas seperti toilet umum, warung makan, serta tempat menginap.

Bendungan sesaot
Air terjun Timponan

3. Hutan Pusuk

Hutan Pusuk mungkin kurang populer dibandingkan Hutan Sesaot, tetapi mereka sama-sama indah sekaligus berstatus sebagai hutan lindung. Berlokasi di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Hutan Pusuk terkenal sebagai habitat monyet-monyet yang cukup jinak, dan sering bermain di pinggir jalur jelajah hutan. Terdapat fasilitas untuk wisatawan seperti warung makan, tempat parkir, dan toilet umum.

Hutan Pusuk, Foto : ig @wahyu_enjunk
Monyet di Hutan Pusuk

4. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu berlokasi di Lombok Barat, dan menawarkan pemandangan spektakuler ke arah Senggigi. Bukit hijau yang ditumbuhi pohon kelapa ini berlokasi dekat dengan tebing yang mengarah ke pantai, dan berada di posisi yang cocok untuk melihat matahari terbenam. Lokasinya hanya sekitar 10 km dari Pelabuhan Bangsal dan tidak jauh dari Pantai Senggigi yang sudah terkenal.

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah salah satu tujuan populer untuk tur bersepeda atau bermobil. Walau suasananya sepi, tetapi lokasinya cukup strategis, sehingga mudah ditemukan. Tempat wisata ini juga memiliki beberapa warung makan yang menghidangkan makanan khas serta toko oleh-oleh.

Sunset bukit Malimbu

 

5. Tanjung Bongo

Tanjung Bongo adalah pantai yang masih relatif sepi di Lombok Utara, sehingga cocok untuk yang menyukai pantai indah sekaligus tidak banyak pengunjung. Pantai ini berbentuk setengah lingkaran dan terlindung oleh tebing serta Bukit Merese, sehingga Anda harus berjalan agak jauh dan menempuh jalur yang cukup menantang untuk mencapainya.

Pemandangan pantai ini sangat indah, dengan pasir putih, air biru bening, serta formasi bebatuan. Walau sudah memiliki loket penjualan tiket, fasilitas di pantai ini masih minim, sehingga Anda harus membawa bekal dan kantung sampah sendiri.

Tanjung Bongo

6. Pantai Tanjung Beloam

Tanjung Beloam adalah nama pantai yang berlokasi di dekat Jeeva Beach Camp, tepatnya di Tanjung Ringgit, Lombok Timur. Suasananya yang asri, ombaknya yang lembut, serta lokasinya yang dekat dengan bumi perkemahan membuat Tanjung Beloam cocok sebagai tempat wisata petualangan. Pasirnya putih dan airnya biru, dan terdapat formasi batu cadas tinggi di sekeliling pantai.

Tanjung Beloam adalah pantai perawan, jadi pengunjung disarankan untuk membawa kantung sampah dan bekal sendiri. Berkemah di sini adalah pengalaman yang tidak terlupakan.

Tanjung Beloam

7. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi lebih dikenal sebagai “pantai pink” karena warna pasirnya yang merah muda lembut. Warna merah muda ini berasal dari serpihan kecil karang yang menumpuk dalam jangka waktu lama, sehingga bercampur dengan pasir pantai. Berlokasi di Desa Sekaroh, Lombok Timur, ciri khas Pantai Tangsi adalah airnya yang biru jernih dan ombaknya yang lembut, sehingga cocok untuk semua wisatawan.

Fasilitas di pantai ini masih relatif minim karena hanya ada perahu sewaan serta warung minum sederhana. Akan tetapi, suasananya yang asri membuatnya cocok untuk bersantai.

Pink Beach

8. Gili Petelu

Gili Petelu adalah pulau kecil yang berada dekat Pantai Tangsi. Anda bisa mencapainya dengan menyewa perahu dari Pantai Tangsi. Pulau ini sangat kecil sehingga tidak berpenghuni, dan ada tiga gugusan karang yang menandai wilayahnya. Akan tetapi, area di sekitar pulau ini cocok untuk snorkeling. Anda harus membawa perlengkapan sendiri untuk snorkeling di sana.

Gili Petelu
Snorkeling di gili petelu

Jika Anda sudah bosan dengan tempat wisata yang ramai, liburan ke Lombok bisa menjadi alternatif. Semua tempat wisata alam di atas cocok untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *