Menu Tutup

Berburu 6 Makanan Enak Khas Kota Atlas, Semarang

Semarang sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah memang tak pernah kehilangan pesonanya. Kaya akan destinasi wisata yang berbalut dengan unsur sejarah yang kental, kota yang dijuluki sebagai Kota Atlas ini mulai unjuk kebolehan, mengenalkan berbagai keunikan dan eksotisme berbagai tempat wisata yang ada kepada para wisatawan. Tak ketinggalan, kelezatan kulinernya yang tidak bisa diremehkan.

Lalu, apa saja kuliner dan makanan enak Kota Semarang yang harus Anda coba ketika bertandang ke salah satu kota di Jawa Tengah ini? Berikut beberapa di antaranya:

1. Tahu Gimbal

Tidak akan sempurna kunjungan Anda ke semarang tanpa menjajal makanan enak satu ini. Nama gimbal dari makanan tahu gimbal diambil dari olahan gorengan yang menyerupai bakwan dengan isian udang. Dicampur dengan potongan tahu, telur mata sapi, irisan kol, dan siraman bumbu kacang berbalut bawang putih yang kentara menjadikan tahu gimbal bercitarasa khas. Terlebih jika ditambah irisan lontong, kerupuk udang dan semangkuk es buah. Hmm, pasti sudah terbayang kelezatannya.

Tahu Gimbal

2. Lumpia

Kuliner khas Semarang selanjutnya adalah lumpia. Kudapan ini memiliki isian yang beragam, mulai dari daging ayam, cumi, atau daging sapi dengan campuran rebung dan ditutup dengan kulit. Makanan ini sangat nikmat disantap selagi hangat, bisa disajikan dalam bentuk goreng maupun rebus. Bersama secangkir teh atau kopi, cita rasa lumpia ini akan semakin menggugah selera.

Lumpia

3. Bandeng Presto

Bandeng presto menjadi kuliner yang banyak dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh. Ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto hingga lunak ini memang sangat lezat, terlebih jika dinikmati selagi masih hangat bersama dengan sepiring nasi putih dan sambal terasi. Bandeng presto umumnya tidak tahan lama, tetapi kini teknologi vakum membuat makanan enak ini memiliki daya simpan yang lebih lama, jadi bisa disantap kapan saja.

Bandeng Presto

4. Nasi Pindang

Tidak seperti di daerah lainnya yang menyebut pindang sebagai salah satu jenis ikan, di Semarang, nama pindang identik dengan daging sapi yang diolah dengan kuah berbahan kluwek yang ditambah berbagai bumbu rempah lainnya, sehingga menghasilkan warna cokelat kehitaman yang mirip dengan kuah menu rawon. Hidangan ini begitu nikmat disantap dengan sepiring nasi putih panas dan beberapa lauk pauk, seperti satai telur, tahu atau tempe bacem, hingga aneka gorengan.

Nasi Pindang

5. Kue Mochi

Kue mochi lebih sering dijadikan oleh-oleh, tetapi Anda pun tetap bisa menikmati kelezatannya dengan menjadikannya camilan. Kudapan satu ini terbuat dari tepung ketan dengan isian gula dan kacang tumbuk. Pada bagian luarnya, kue ini biasanya ditaburi dengan tepung terigu dan wijen. Paduan rasa manis dan gurihnya terasa sangat lezat di lidah. Anda bisa mendapatkan kudapan khas Semarang ini dengan mudah di sentra oleh-oleh Kota Semarang.

Kue Mochi

6. Tahu Bakso

Kuliner khas Semarang yang terakhir adalah tahu bakso. Anda memang bisa mendapatkan penganan ini di mana saja, karena tahu bakso memang sudah tersedia di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Namun, rasa tahu bakso khas Semarang ini memiliki cita rasa gurih yang begitu terasa di lidah di setiap gigitannya. Terlebih jika Anda menyantapnya selagi hangat dengan cabai rawit. Makanan ini bisa Anda santap sebagai camilan sekaligus sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga.

Tahu Bakso

Demikian tadi beberapa kuliner dan makanan enak khas Kota Atlas Semarang yang harus Anda coba. Selepas menjelajah berbagai destinasi wisata yang ada di Semarang, Anda bisa beristirahat sembari menyantap aneka penganan enak yang dimiliki kota ini. Semoga bermanfaat dan selamat berburu kuliner!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *