Menu Tutup

Ini 5 Tempat Wisata Kuliner Khas Malang yang ‘Nggak’ Boleh Dilewatkan

Indonesia begitu kaya akan kulinernya. Mulai dari Sabang hingga Merauke hadir dengan kuliner dengan keunikan yang tiada duanya. Cita rasanya pun beragam, mulai dari masakan Sulawei yang pedas dan gurih, masakan khas Padang yang pedas, dan kuliner khas Yogyakarta yang manis.

Seperti Kota Malang, misalnya. Salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur ini mulai terkenal sejak berdirinya kawasan wisata Jatim Park, Batu Night Spectacular, hingga Museum Angkut. Namun, kota satu ini juga memiliki tempat wisata kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan. Mana saja? Berikut beberapa di antaranya:

1. Depot Tahu Lontong Lonceng

Menujulah ke Jalan Laksamana Martadinata No. 66 yang berada di kawasan Kota Lama Malang. Di sentra ruko ini, Anda bisa menemukan sebuah depot makan yang menyajikan tahu telur lontong, yaitu Depot Tahu Lontong Lonceng. Sejak tahun 1935 silam, depot makan ini telah berhasil menyajikan menu tahu telur yang begitu lezat.

Tahu telur sendiri merupakan sajian berupa sambal petis yang dicampur irisan tahu, telur, dan lontong serta taburan tauge dan daun bawang. Paduan sambal petis dengan irisan tahu serta telur menghadirkan kelezatan yang begitu menggugah selera. Pak Abdulrohim, sang pemilik, biasa membuka depot ini mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Namun, di hari Minggu, depot ini buka mulai pukul 16.00 WIB.

Foto : @tripdavisor
Foto : @tripadvisor

2. Bakso President

Berkunjung ke Malang, jangan lupa mampir ke Bakso President yang berlokasi di Jalan Batanghari No. 5. Tak hanya sajian baksonya yang beragam dan lezat, kedai bakso di Malang ini terbilang unik, karena berdiri tepat di sisi rel kereta api yang masih beroperasi hingga kini. Pengalaman menyantap bakso ditemani deru suara kereta api pasti sangat seru dan menyenangkan.

Bakso bakar menjadi menu anadalan yang wajib Anda cicipi di kedai Bakso President. Namun, ada pula berbagai varian bakso lainnya, mulai dari bakso tulang muda, bakso telur, bakso udang, bakso goreng, bakso urat, hingga siomai basah. Anda pun bisa sekaligus membeli keripik bakso sebagai camilan.

Foto : @pondokmelatistory.blogspot.com
Foto : @iamnotfoodie.wordpress.com

3. Warung Mie Gadjah Mada

Tempat kuliner khas Malang yang enak selanjutnya adalah warung Mie Gadjah Mada yang berlokasi di Jalan Pasar Besar 17 A. Setiap hari, warung mi ini buka mulai pukul 09.00 hingga 14.30 WIB. Setelah beristirahat sejenak, warung ini akan buka kembali pada pukul 17.00 hingga 21.00 WIB. Menu andalan yang bisa Anda cicipi adalah mi ayam jamur dengan tambahan irisan jamur dan suwiran daging ayam. Siraman kuah beningnya semakin menambah kelezatan kuliner ini.

Foto : instagram/@cottonceppy

4. Rumah Makan Cairo

Rumah Makan Cairo yang berlokasi di Jalan Kapten Tendean 1 ini telah beroperasi sejak tahun 1953 silam. Di sini, Anda bisa menjajal aneka menu khas Timur Tengah berbahan dasar daging kambing, mulai dari nasi kebuli, nasi briyani, hingga kambing guling. Ada pula martabak telur dan roti Maryam yang tepat untuk camilan sebelum menyantap hidangan utama.

Foto : deffautama.com
Foto : deffautama.com

5. Soto Ayam Lombok

Makanan enak khas Malang terakhir bisa Anda cicipi di Soto Ayam Lombok yang berada di Jalan Lombok No. 1, Kasin, Kota Malang. Warung yang buka mulai pukul 07.00 hingga 00.30 WIB ini telah ada sejak tahun 1955, lho. Meski telah memiliki banyak cabang di Kota Malang, pengunjung masih tetap rela mengantre di warung yang berlokasi di Jalan Lombok ini.

Foto : radarmalang.id
Foto : radarmalang.id

Demikian tadi lima tempat wisata kuliner khas Kota Malang yang bisa Anda kunjungi ketika berwisata di Malang. Jangan sampai ketinggalan cita rasa kelezatannya, ya. Semoga bermanfaat.

Bacaan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *