Menu Tutup

Main ke Surabaya? Jangan Lupa Wisata Kuliner di 5 Tempat Ini, Ya!

Menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya adalah kota dengan penduduk yang terbilang padat. Tentu saja, kemajuan pun tak sebatas industri dan ekonomi semata, tetapi juga di sektor pariwisata. Berbagai destinasi wisata berlomba-lomba pamer keunikan demi menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak terkecuali di sentra kuliner. Meski masih termasuk ke dalam wilayah Pulau Jawa, Surabaya memiliki keunikan dan cita rasa khas yang berbeda dengan daerah di Jawa lainnya. Nah, jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan dengan berwisata ke Kota Pahlawan ini, jangan sampai ketinggalan untuk singgah di destinasi wisata kuliner berikut ini:

1. Rawon Kalkulator

Tempat kuliner di Surabaya ini terbilang unik. Namun, jangan salah, Anda tidak akan menemukan kalkulator dalam semangkuk rawon yang lezat. Nama kalkulator di kedai rawon yang berlokasi di Jalan Raya Darmo, Wonokromo, tepatnya di Warung Sedap Malam Sentra Taman Bungkul Surabaya ini diambil dari keahlian sang kasir dalam menghitung harga setiap pesanan pelanggan tanpa perlu menggunakan kalkulator.

Warung Rawon Kalkulator

Selain namanya yang terbilang unik, kedai rawon yang telah ada sejak 36 tahun silam ini tak pernah kehilangan cita rasa dan kelezatannya. Potongan daging sapi dengan siraman kuah hitam rawon akan membuat lidah Anda bergoyang pada setiap suapannya.

Rawon Kalkulator

2. Nasi Cumi Waspada

Lapar melanda malam-malam? Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menemukan beragam kuliner yang masih tetap buka hingga lepas tengah malam. Nasi Cumi Waspada yang berlokasi di Jalan Waspada ini adalah salah satunya. Bahkan, kedai yang berada tepat di pintu masuk bagian barat Pasar Atom ini buka hingga 24 jam nonstop, lho!

Warung Nasi Cumi di Jalan Waspada

Menu cumi masak tinta adalah yang paling diminati oleh para pengunjung. Selain itu, ada pula berbagai lauk pauk lain yang bisa Anda nikmati, mulai dari telor dadar, rempeyek udang, mi goreng, hingga empal goreng. Rasa bumbu olahan cuminya begitu menggugah selera dan tidak meninggalkan bau amis ketika disantap.

Nasi Cumi

3. Sate Klopo Bu Asih

Bagi masyarakat asli Surabaya, kuliner khas Surabaya satu ini sudah tak asing lagi di telinga. Namun, sate klopo milik Bu Asih yang berlokasi di Jalan Walikota Mustajab ini berbeda dengan kuliner sate yang biasa Anda temui di tempat ini. Ketika dibakar, daging sate akan dibalur dengan bumbu kelapa parut. Ditambah dengan bumbu kacang dan taburan serundeng, rasa sate ini menjadi begitu lezat.

Sate Klopo

4. Lontong Kupang Artomoro

Lontong Kupang menjadi kuliner populer Surabaya berikutnya yang wajib Anda coba. Di Jalan Raya Menur, Gubeng, Anda bisa mengunjungi salah satu warung yang menjajakan menu khas ini, yaitu Lontong Kupang Artomoro. Potongan lontong dengan tambahan lentho dan sambal petis berbalur siraman kuah kupang menghadirkan paduan rasa pedas yang begitu segar. Kupang sendiri adalah jenis seafood berupa kerang laut berukuran kecil.

Warung Lontong Kupang Artomoro

5. Soto Ayam Cak Har

Berada di kawasan Middle East Ring Road (MEER), Anda bisa mencoba kelezatan kuliner khas Kota Surabaya, Soto Ayam milik Cak Har. Keunikan sajian satu ini ada pada daging ayamnya, yang menggunakan irisan daging ayam kampung, menjadikan rasanya begitu lezat. Di sini pun, Anda bisa memilih bagian ayam sesuai keinginan, mulai dari kulit, jerohan, hingga bagian dada. Ditambah dengan kerupuk udang dan taburan koya, kelezatan kuliner ini benar-benar menjadi berlipat ganda.

Soto Lamongan Cak Har

Demikian tadi lima wisata kuliner populer dan khas yang ada di Kota Surabaya yang bisa Anda kunjungi kala menghabiskan waktu di Kota Pahlawan ini. Sembari mengenang jasa pahlawan, jangan lupa pula manjakan lidah dengan berbagai kuliner lezatnya. Semoga bermanfaat.

Bacaan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *